Semakin Dibagi Semakin Bertambah

Pada postingan terdahulu telah dikenalkan pemakaian AHaP untuk melakukan analisis terhadap hasil penilaian. Melalui analisis dengan menggunakan AHaP diharapkan pendidik dapat memperoleh informasi mengenai kemajuan dan kesulitan belajar peserta didik, dan tindak lanjut yang perlu dilakukan. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa informasi yang diperoleh akan bermanfaat apabila dikumpulkan dengan menggunakan alat yang terpercaya. Oleh karenanya judgment terhadap instrumen yang digunakan dalam melakukan penilaian harus dilaksanakan. Kegiatan untuk mengetahui seberapa bagus instrumen penilaian sering disebut dengan Analisis Butir Soal. Informasi menarik mengenai Mengolah dan Menganalisis Hasil Belajar Siswa dapat anda baca di blog Pak Gede Putra A.

Ada dua cara untuk melakukan Analisis Butir Soal, yaitu secara kualitatif dan secara kuantitatif. Secara kualitatif Analisis Butir Soal dapat kita lakukan dengan menggunakan format Telaah Butir Soal, sedangkan secara kuantitatif Analisi Butir Soal dilakukan dengan cara menghitung Daya Pembeda (DP), Tingkat Kesukaran (TK), Validitas, dan Realibilitas Soal. Hasil Analisisn Butir Soal secara kuantitatif dikenal juga dengan istilah Bukti Validitas Empirik.

Untuk membantu pendidik dalam melakukan Analisis Butir Soal secara kuantitatif telah banyak beredar program dan aplikasi yang dapat digunakan. Diantaranya ITEMAN, Anates, dan Anabutis. Pada postingan terdahulu telah disampaikan Analisis Butir Soal dengan ITEMAN. Pada Kesempatan ini akan disampaikan Analisis Butir Soal Dengan Anabutis

Anabutis sendiri adalah singkatan dari Analisis Butir Soal. Aplikasi ini dikembangkan oleh pendidik di SMPN 1 Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan program Microsoft Office Excel. Aplikasi ini memberikan out put berupa Analisis Butir Soal Pilihan Jamak, Analisis Butir Soal Isian, dan Rekap Nilai. Anabutis dikembangkan oleh orang-orang yang sama, yang juga mengembangkan AHaP, oleh karenanya kompatibilitas diantara kedua aplikasi ini sangat tinggi. Sehingga apabila anda telah menggunakan AHaP untuk melakukan analisis terhadap hasil penilaian, untuk melakukan analisis butir soal dengan menggunakan Anabutis hanya memerlukan beberapa langkah tambahan yang mudah.

Berikut ini hal-hal yang perlu disampaikan dalam menggunakan Anabutis.

  1. Lembar DATA SOAL dan KUNCI JAWABAN langkah pengisiannya sama dengan AHaP. Perbedaannya, pada Anabutis tidak diperlukan Nama Peserta Tes. Bagi anda yang belum menggunakan AHaP, silahkan klik link menuju AHaP.

  2. Lembar INPUT JAWABAN akan tampak seperti gambar di bawah ini.

    Lembar Input Jawaban

    Lembar Input Jawaban pada Anabutis

    Sel-sel di sebelah kanan garis merah diperuntukkan jawaban soal-soal pilihan jamak (multiple choice) yang dapat menampung sampai dengan 50 soal dan 1000 peserta tes, sedangkan sel-sel di sebelah kiri garis merah (1 – 10) diperuntukkan skor perolehan jawaban soal-soal uraian.

  3. Buka file-file AHaP yang sudah diisi (biasanya nama filenya sudah berubah, umpamanya menjadi AHaP UAS IX A, AHaP UAS IX B, AHaP UAS IX C, dan seterusnya), tampilkan Lembar INPUT JAWABAN.

    Input Jawaban AHaP

    Tampilan Lembar Input Jawaban AHaP yang Telah Diisi

     

  4. Lakukan Copy – Paste (sangat disarankan Paste Special …) jawaban soal pilihan jamak (multiple choice) dan skor hasil jawaban soal uraian, sehingga akan tampak seperti gambar berikut.
    Lembar Input Jawaban Anabutis Isi

    Tampilan Lembar Input Jawaban Anabutis yang Telas Diisi

     

  5. Langkah berikutnya anda klik sel A2, kemudian lakukan pengurutan dari besar ke kecil (Sort Largest to Smallest).
  6. Berikutnya anda tinggal membuka Lembar ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN, ANALISIS BUTIR SOAL PJ, dan REKAPITULASI NILAI.

Aplikasi Anabutis dapat anda unduh di Ziddu atau Rapidshare.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: